Posted on Oct. 23, 2021, 5:54 a.m.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) menggelar rangkaian konferensi internasional bidang ilmu komputer dan sistem informasi terbesar di Indonesia dengan menghadirkan para ilmuwan, peneliti, profesional, serta para pakar dari dalam dan luar negeri. Konferensi yang akan dilaksanakan pada 23-25 Oktober 2021 secara daring terdiri dari The 13th International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), dan The 6th International Workshop on Big Data and Information Security (IWBIS).

Konferensi ini menghadirkan ilmuwan dan peneliti terbaik dunia pada sesi plenary speech seperti, Prof. Tsukasa Hirashima, ilmuwan dari Hiroshima University yang meneliti kecerdasan artifisial pada pendidikan; Prof. Subhas Mukhopadhyay dari Macquarie University, Australia yang merupakan salah satu otoritas dalam bidang sensing technology; Prof. Simon See, Direktur dari Nvidia AI Technology Center Solution Architecture and Engineering sekaligus Chief Solution Architect di Nvidia AI Technology Center; Prof. Alistair Moffat, ilmuwan di bidang search, retrieval dan sistem informasi dengan h-indeks 58 dari The University of Melbourne, Australia; dan Prof. Taku Komura, ilmuwan grafik komputer dan robotika dari Edinburgh University, Britania Raya.

Selain itu juga hadir sebagai pembicara kunci di ICACSIS yaitu Prof. Ir. Dr.Ing. Eko Supriyanto (SMIEEE), Ketua Umum Jaringan ASEAN tentang Teknologi dan Kebijakan untuk Manajemen Risiko Covid-19; Prof. Heru Suhartanto, ilmuwan Fasilkom UI dengan spesialisasi Cloud-Grid-High Performance Computing; Ahmad Gamal, Ph.D., penasehat SMART CITY Center, Direktur Innovation and Science Techno Park Universitas Indonesia;Dr. Martin Schrepp, seorang peneliti dan professional di bidang user experience (UX) dari SAP AG, Jerman; dan Mayjen TNI Dr. Susilo Adi Purwantoro, S.E., M.Eng. Sc., Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan.

Sedangkan untuk pembicara kunci pada IWBIS adalah Prof. Yudho Giri Sucahyo, ilmuwan dari Fasilkom UI sekaligus Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI); Dr. Mohammad Ghifary, Wakil Presiden Divisi Digital Banking PT. Bank Rakyat Indonesia, Indonesia; Dr. Wahyu Caesarendra, Koordinator Riset Fakultas dan Anggota Riset Institut Analisis Data Terapan Universiti Brunei Darussalam, Brunei; Dr. Mahardhika Pratama, peneliti terkemuka dunia di bidang pembelajaran mesin otonom dari Nanyang Technological University, Singapore; Mayjen TNI Dr. Jonni Mahroza, S.I.P., M.Sc, Dosen Universitas Pertahanan; Dr. S. Indarjani, Dosen Politeknik Siber dan Sandi Negara

Konferensi limiah ini diselenggarakan paralel bersama empat focused group discussion yang membahas topik teknologi pertahanan, keamanan siber, dan teknologi Informasi komunikasi di bidang kesehatan bersama Universitas Pertahanan. Pada kesempatan yang sama, panitia juga mengadakan tutorial di bidang kecerdasan artifisial dengan memberikan pengenalan teori deep learning dan studi kasusnya menggunakan python.

Kegiatan ini akan diikuti lebih dari 500 peserta dari beberapa negara seperti Malaysia, India, Taiwan, Jepang, Prancis, Italia, Amerika Serikat, dan Indonesia. Semenjak pertama kali diselenggarakan, semua makalah ilmiah yang dipaparkan pada ICACSIS dan IWBIS sudah diterbitkan dalam prosiding yang terindeks oleh Scopus, yakni salah satu entitas pangkalan data pustaka yang dikenal oleh para peneliti dunia. Dua konferensi ini juga didukung oleh Universitas Pertahanan (host ICACSIS), Politeknik Siber dan Sandi Negara (co-host IWBIS), dan IEEE Indonesia Section (technical co-sponsor).

Sebelumnya ICACSIS dan IWBIS berhasil menyaring ratusan makalah penelitian (research papers) yang berasal dari 17 negara dan dikumpulkan dalam proses seleksi dengan 85 makalah di antaranya berhasil lolos dan berhak dipaparkan pada parallel sessions ICACSIS 2021 dan IWBIS 2021. Di antara negara-negara tersebut adalah Indonesia, Filipina, Amerika Serikat, Swedia, Bangladesh, Arab Saudi, India, Maroko, Pakistan, Aljazair, Sri Langka, Norwegia, Jepang, dan Venezuela. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti sebagai participant (non-presenter), dapat mendaftar melalui web icacsis.cs.ui.ac.id dan iwbis.cs.ui.ac.id.

Sumber : https://cs.ui.ac.id/2021/10/21/selenggarakan-icacsis-dan-iwbis-fasilkom-ui-siap-sambut-ilmuwan-komputer-top-dari-seluruh-dunia/