Posted on Oct. 2, 2021, 3:30 a.m.

Pada tanggal 30 September 2021, Lab IR-NLP Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia berkolaborasi dengan Tokopedia-UI AI Center of Excellence menyelenggarakan acara seminar pekanan yang dilaksanakan secara daring via Zoom. Acara ini bertajuk “COVIWD: COVID-19 Wikidata Dashboard” yang mengulik tentang pemanfaatan teknologi knowledge graph untuk visualisasi data COVID-19 dunia. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini antara lain peserta dapat memahami bagaimana proses dari pengambilan dan pengolahan data sebagai informasi dengan memanfaatkan knowledge graph.

Acara ini sendiri diawali dengan moderator acara, Ibu Theresia, mempersilakan kepada Bapak Dr. Indra Budi selaku kepala Lab IR-NLP untuk memberikan sambutan secara singkat dengan memberikan pengenalan terkait Lab IR-NLP Fasilkom UI.

Sesi selanjutnya, Bapak Fariz Darari, Ph.D. (Co-Director Tokopedia-UI AI Center of Excellence) selaku pembicara menyampaikan materi dengan outline pembahasan yang meliputi pengenalan terkait knowledge graph dan Wikidata, data COVID-19 dari sudut pandang Wikidata, serta pengupasan teknologi knowledge graph pada COVIWD Wikidata Dashboard.

Pembahasan dimulai dengan pentingnya keberadaan data untuk visualisasi dalam memberikan wawasan (insight). Data memiliki beberapa aspek utama yang meliputi keterbukaan, machine-readability, struktur graph, dan keterhubungan data. Dengan mengasumsikan data sebagai node yang saling memiliki keterhubungan akan mempermudah proses query data. Adapun juga standar-standar knowledge graph pada Web yaitu RDF, OWL, dan SPARQL. Proses pengembangan COVIWD juga dipaparkan dengan beberapa keunggulan di antaranya adalah: pengembangan yang cepat dan low-cost, serta data yang bersifat large-scale dan live. COVIWD dapat diakses secara gratis di https://www.coviwd.org/

Pada sesi tanya jawab, para peserta antusias terhadap materi dan memberikan beberapa pertanyaan kepada pembicara terkait COVIWD ataupun knowledge graph secara umum. Besar harapan bahwa dengan diadakannya seminar ini, para peserta dapat mengembangkan dashboard informasi pada domain yang lebih bervariasi dengan memanfaatkan knowledge graph secara mandiri. Rekaman seminar tersebut dapat disaksikan di: https://bit.ly/coviwd-video-2021 (bs/fd)