Posted on Feb. 15, 2021, 9:11 a.m.

Pada tanggal 11 Februari 2021, Tokopedia UI AI Center of Excellence menyelenggarakan acara mini workshop yang dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom Meeting. Acara mini workshop ini mengangkat tema “How to Build Your First Recommender System”. Salah satu asisten riset dari Tokopedia UI AI Center of Excellence, Raditya Nurfadillah merupakan pembicara dari acara mini workshop ini.

Acara mini workshop dimulai oleh Bapak Fariz Darari, Ph.D. selaku moderator dan Co-director dari Tokopedia UI AI Center of Excellence. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini antara lain peserta dapat memahami bagaimana proses dari pengembangan recommender system dan dapat mengembangkan recommender system setelah mengikuti mini workshop ini.

Sesi pertama dalam mini workshop ini membahas tentang recommender system secara umum. Beberapa pendekatan dalam mengembangkan recommender system juga dijelaskan seperti content-based filtering, collaborative filtering dan lain-lain. Selain itu, pada sesi ini juga dijelaskan mengenai library Surprise yang merupakan salah satu library untuk mengembangkan recommender system dan implementasi library tersebut dalam penelitian sebelumnya.

Sesi kedua dari mini workshop ini berisi hands-on terkait pengembangan recommender system dengan menggunakan library Surprise. Library Surprise dianggap cukup mudah untuk digunakan bagi peserta yang belum memiliki pengetahuan di bidang recommender system. Pengembangan recommender system menggunakan pendekatan collaborative filtering dan dilakukan pada domain movie dengan menggunakan dataset MovieLens 100K. Output dari hands-on yang dilakukan adalah peserta dari acara mini workshop ini mampu untuk memberikan rekomendasi film yang sesuai dengan preferensi seorang user.

Link Youtube: https://youtu.be/ZG2wzog7pFU
Link Materi Mini Workshop: http://s.id/MateriWorkshopRecsys