Posted on Nov. 18, 2020, 1:21 p.m.

Tokopedia kembali mengadakan Start Summit Extension pada pada Selasa, 29 September 2020 lalu dengan mengangkat tema Advancing Indonesia Through Artificial Intelligence. Acara ini menghadirkan tiga orang pembicara dari Tokopedia, serta dua akademisi dari Tokopedia UI AI Center of Excellence. Acara yang diselenggarakan melalui platform Tokopedia Play ini disaksikan oleh lebih dari 3.000 penonton.

Pada sesi pertama yang membahas tentang Recommender System Playbook, Irvan Bastian Arief, Ph. D., yang merupakan Head of Research Scientist Tokopedia menjelaskan tentang pengertian Artificial Intelligence dan bagaimana Tokopedia mengimplementasikan AI di dalam infrastruktur teknologi perusahaan. Beberapa fitur dan inovasi Tokopedia yang telah memanfaatkan teknologi AI antara lain fitur ChatBot untuk layanan Tokopedia Care, Intelligent Search, TokoCabang, serta Fast Recommendations terhadap lebih dari 350 juta produk yang sesuai dengan minat dari setiap pengguna Tokopedia.

Selanjutnya, Alim Kidar Hanif yang merupakan Data Scientist Tokopedia, menjelaskan bahwa di Tokopedia, Recommendation Systems Playbook digunakan dengan dua metode yang meliputi Session-based Recommendation dan Ranking-based Recommendation. Session-Based Recommendation digunakan untuk merekomendasikan produk berdasarkan kedekatan vektor dari produk yang dibuat dengan data session, di mana data session itu sendiri merupakan semua aktivitas yang dilakukan oleh setiap user dalam periode waktu tertentu. Sedangkan untuk Ranking-based Recommendation yang dijelaskan oleh Abe Vallerian yang merupakan Data Scientist Lead Tokopedia, model ini lebih akurat dalam merekomendasikan suatu produk ke masing-masing user. Hal ini dikarenakan model tersebut tidak hanya menggunakan product features saja, melainkan juga memakai user feature yang memungkinkan untuk menangkap interaksi antar fitur tersebut.

Sesi kedua menghadirkan pembicara spesial yaitu dua akademisi dari Tokopedia UI AI Center of Excellence Universitas Indonesia, yaitu Adila Krisnadhi, Ph. D., dan Fariz Darari, Ph.D., yang merupakan Co-Director dari Tokopedia UI AI Center of Excellence menjelaskan lebih lanjut seputar penggunaan Knowledge Graph untuk Recommender Systems.

Bapak Adila Krisnadhi, Ph. D., menjelaskan tentang Recommendation Task yang memungkinkan kita untuk memprediksi atau melakukan estimasi terhadap pola dan perilaku user, apakah user tersebut akan melakukan pembelian, mengklik suatu produk, atau akan memberi rating pada produk tersebut. Sedangkan Knowledge Graph dapat digunakan untuk enable integration, context enrichment, and inferencing. Knowledge Graph yang memungkinkan integration pada dasarnya berkaitan dengan konsep keterkaitan atau penghubung antara sumber-sumber data yang berbeda namun tetap terintegrasi satu sama lain.

Selanjutnya, Bapak Fariz Darari, Ph. D., menjelaskan tentang bagaimana keduanya dipadukan untuk memperkaya hasil pencarian yang efisien. Apabila sebelumnya kita dapat melihat hubungan antara satu user dengan satu item, ternyata dibalik item tersebut juga terdapat keterkaitan satu sama lain. Item tersebut memiliki background yang dapat dibaca dengan Knowledge Graph, sehingga memungkinkan pengguna mendapat rekomendasi produk yang berkaitan dengan background dari produk yang sebelumnya dicari atau dibeli. Pada akhirnya, perpaduan antara Recommendation Systems dan Knowledge Graph dapat memperkaya rekomendasi produk.

Melalui Start Summit Extension kali ini, diharapkan para pegiat teknologi Indonesia dapat belajar dan berdiskusi seputar inovasi teknologi bersama pakar di bidangnya.

Sumber Berita:
Tokopedia Blog. (2020, 2 Oktober). Mengulik Peran Artificial Intelligence Dalam Perkembangan Teknologi Lewat START Summit Extension. Diakses pada 19 November 2020, dari https://www.tokopedia.com/blog/mengulik-peran-artificial-intelligence-dalam-perkembangan-teknologi-lewat-start-summit-extension/

uncategorized