Posted on April 14, 2023, 5 p.m.

Pada tanggal 14 April 2023, delegasi dari Politeknik Padang mengunjungi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) secara luring di ruang AI Center. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan dan pengelolaan superkomputer DGX-1 dan DGX A100 untuk kegiatan riset. Acara ini secara resmi dibuka dengan sambutan dari Ari Wibisono, M.Kom selaku representatif dari Fasilkom UI dan dilanjutkan dengan perkenalan dari perwakilan Politeknik Padang.

Setelah sesi pembuka, acara dilanjutkan dengan presentasi dari pihak Fasilkom tentang AI Center dan superkomputer. Dalam presentasi dijelaskan bahwa AI Center di Fasilkom UI membantu untuk menyediakan akses ke fasilitas server guna menunjang kegiatan riset bagi sivitas akademik terkhususnya di bidang kecerdasan buatan. Jumlah publikasi dan topik riset juga disajikan untuk memberikan data keberhasilan riset dengan komputasi performa tinggi yang telah tersedia. Selain itu, terdapat demo terkait cara akses superkomputer, DGX A100, dilanjutkan dengan pembuatan pod dan penggunaan sumber daya GPU untuk melatih model deep learning untuk menyelesaikan problem klasifikasi.

Setelah presentasi AI Center dan demo, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pihak Fasilkom dan Politeknik Padang dan diakhiri dengan kunjungan ke ruang server yang digunakan untuk menyimpan superkomputer DGX-1 dan DGX A100. Acara resmi ditutup dengan foto bersama.

uncategorized