Posted on April 11, 2023, 7:46 p.m.

Pada tanggal 3 April 2023, perwakilan dari Universitas Pertahanan RI (Unhan RI) melakukan kunjungan ke Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) secara luring di Depok. Kunjungan ini bertujuan untuk benchmarking komputasi super yang digunakan untuk simulasi kecerdasan buatan. Acara secara resmi diawali dengan sambutan dari Ari Saptawijaya, Ph.D. selaku Wakil Dekan dan dilanjutkan dengan perwakilan dari Unhan RI.

Setelah sesi pembuka, acara dilanjutkan dengan presentasi dari pihak Fasilkom tentang AI Center dan resource Superkomputer yang dibawakan oleh Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D. Dalam paparannya, AI Center di Fasilkom menyediakan fasilitas server berkemampuan tinggi untuk menunjang riset-riset sivitas akademik terkhususnya di bidang kecerdasan buatan. Adapun statistik jumlah publikasi serta beberapa topik riset (seperti visi komputer, pengolahan bahasa natural) juga ditampilkan untuk menunjang data keberhasilan riset dengan penyediaan komputasi performa tinggi yang telah ada. Selain itu, terdapat demo terkait cara akses superkomputer, DGX A100, dilanjut dengan pembuatan pod dan penggunaan GPU resources guna melatih model deep learning untuk klasifikasi citra menggunakan arsitektur Inception V3. Demo ini disampaikan oleh Douglas Raevan Faisal, S.Kom.

Seusai sesi perkenalan AI Center dan demo, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara pihak Fasilkom dan Unhan RI dan diakhiri dengan mengunjungi ruang server yang digunakan untuk menyimpan resource superkomputer yaitu DGX-1 dan DGX A100. Tidak lupa, terdapat penyerahan kenang-kenangan dari pihak Unhan RI ke Fasilkom sebagai bentuk simbolis kunjungan serta foto bersama yang resmi menutup acara ini.

uncategorized