Posted on July 2, 2022, 9:29 a.m.

Pada tanggal 16 Juni 2022, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggelar Pelatihan Pemanfaatan AI Center secara luring di Jakarta. Pelatihan ini bertujuan sebagai wadah untuk mengembangkan talenta digital di Indonesia dan meningkatkan kemampuan serta daya saing perguruan tinggi dalam penguasaan teknologi, khususnya terkait kecerdasan buatan. Adapun partisipan dari pelatihan ini yaitu perwakilan dari beberapa perguruan tinggi. Acara secara resmi dibuka oleh Sekretaris Ditjen Diktiristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.D., yang diwakili oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Setditjen Diktiristek, Didi Rustam, Ph.D.

Dalam paparannya, Didi Rustam menjelaskan bahwa Ditjen Diktiristek beberapa waktu lalu telah meluncurkan Dikti Artificial Intelligence Center (Dikti AI Center) yang dilengkapi dengan fasilitas server komputasi berkemampuan tinggi dengan harapan nantinya dapat dimanfaatkan secara meluas oleh perguruan tinggi di Indonesia.

Pelatihan Pemanfaatan AI Center ini diikuti oleh Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) antara lain PUI-PT Smart System Universitas Gadjah Mada, PUI-PT Smart Biomedik Universitas Airlangga, dan PUI-PT Smart City and Community ITB. Selain itu, pelatihan ini juga diikuti oleh utusan dari berbagai PTN dan PTS, salah satunya adalah Universitas Indonesia. Adapun utusan dari Universitas Indonesia diwakili oleh Ari Wibisono, M.Kom. dan Syifa Nurhayati, M.Kom. yang masing-masing merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) dan Tokopedia-UI AI Center of Excellence.

Sumber artikel:
http://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tingkatkan-kemampuan-artificial-intelligence-perguruan-tinggi-ditjen-diktiristek-gelar-pelatihan-pemanfaatan-ai-center/

uncategorized