Posted on April 25, 2022, 3:38 p.m.

Pada tanggal 19 April 2022, Tokopedia UI AI Center of Excellence kembali menyelenggarakan acara AI Talk Series dengan tema “Automated Speech Recognition Technology in the Pandemic Period” dengan pembicara Bapak Ir. Oskar Riandi, M.Sc. yang merupakan CEO di Bahasa Kita. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platform Zoom. Acara ini dimulai dengan sambutan Bapak Adila Alfa Krisnadhi, Ph.D selaku Direktur Tokopedia-UI Artificial Intelligence Center of Excellence dan penjelasan profil singkat tentang pembicara. Tujuan dari diselenggarakannya acara ini antara lain peserta dapat memahami bagaimana penerapan dan pemanfaatan teknologi wicara otomatis di masa pandemi.

Sesi talk series ini diawali dengan membahas tentang profil dari PT Bahasa Kita secara umum. PT Bahasa Kita merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 2019 dan berfokus pada pengembangan produk teknologi suara, bahasa, dan kecerdasan artifisial seperti speech to text atau sebaliknya, speech to speech translation, voice biometrics, sentiment analysis, dan sebagainya. Dari inovasi produk yang dihasilkan juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan baik dari tingkat nasional hingga internasional. Produk-produk tersebut dikategorikan menjadi lima yaitu sistem transkripsi otomatis, lifestyle, industri 4.0, biometrik suara dan deteksi fraud, serta layanan API. Pengguna dari produk mencakup instansi swasta hingga instansi pemerintah contohnya adalah KPK, DPR, dan MPR untuk kegiatan rapat terbatas. PT Bahasa Kita juga berkolaborasi dengan tim broadcasting untuk membuat sistem closed captioning yaitu siaran bisa melakukan auto-generate text untuk bisa membantu penyandang disabilitas. Berikut adalah produk yang berhasil dikembangkan yaitu 1) Minit atau meeting instant with transcript yang dilengkapi dengan fitur meeting analytics: topic detection/clustering, topic recall, sentiment analysis, dan emotion recognition; 2) Rona atau robot interaktif indonesia dengan fitur interaktif berbasis suara; 3) Voice enabled collaboration robot dengan fitur multiple command. Salah satu produk lain hasil kolaborasi PT Bahasa Kita adalah Stethosoul. Stethosoul merupakan aplikasi pendeteksi dini penyakit psikosis berbasis mobile yang memanfaatkan fitur speech-to-text dan text classification. Untuk mengembangkan aplikasi ini, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) melalui Tokopedia-UI Artificial Intelligence Center of Excellence bekerja sama dengan Departemen Psikiatri Fakultas Kedokteran (FK) UI dan Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI) FKUI beserta PT Bahasa Kita.

Dalam presentasinya, Bapak Ir. Oskar Riandi, M.Sc juga menjelaskan alasan untuk mengembangkan inovasi dari sumber data suara dan bahasa yaitu 1) Suara memiliki banyak informasi yaitu informasi pembicara, informasi bahasa, gender, emosi, rentang usia, ucapan, paralinguistic, dialek, dan kata kunci; 2) Pada domain speaker recognition dapat dispesifikan ke beberapa task tertentu seperti speaker identification. speaker verification, speaker diarization; 3) Dapat dikembangkan pula ke ranah smart speaker, robot, chatbot; 4) Adanya tantangan terkait data terutama data berbahasa indonesia seperti kespontanan, dialek, artikulasi yang sangat cepat, overlapping, hemat bicara, noise, microphone, bahasa jaksel, dsb. Maka dari itu domain problem dengan memanfaatkan data suara dan bahasa sangat potensial untuk diselesaikan dan di akhir sesi juga dipaparkan peluang kolaborasi bagi para mahasiswa dan demo produk. Setelah sesi materi selesai, para partisipan juga aktif untuk bertanya dan acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Link youtube: https://youtu.be/vBaE_H0bDGA

uncategorized